Minggu, 19 April 2015

Tips Membuat Layangan Sendaren Dari BAMBU




Foto 0767 300x225 Cara Membuat Layangan Sendaren

Dimusim kemarau, biasanya anak anak bahkan sampai orang dewasa suka dan hobi bermain layang layang. Selain indah juga menjadi keasikan tersendiri jika bermain mainan tradisional yang satu ini. Seiring berkembangnya jaman, layangan kini mulai banyak di tinggalkan karena sudah termakan oleh mainan modern seperti game online, Playstation dll.
Semua orangpun bisa membuatnya karena cukup mudah, hanya membutuhkan ketelatenan dan kesabaran saja. Jika di tempat saya anak kelas 4 SD pun sudah banyak yang mahir membuatnya, tapi disini saya akan mencoba membuat artikel panduanya untuk Anda yang masih merasa sulit untuk melakukanya.
Sendaren 300x248 Cara Membuat Layangan Sendaren
Btw, mengapa di namakan layangan sendaren. Ok, saya jelaskan menurut sepengetahuan saya. Di namakan layangan sendaren adalah karena terdapat onen onen (bunyi bunyian yang di pasangkan pada cucuk atau paruh layangan, yang apabila terkena angin akan berbunyi…ngeeeeenggg…. ngenggggg…. gitu.
Gbr 2. Sendaren
Ok kalo gitu, simak baik baik ya, agak sedikit panjang jadi jangan bosan membaca, oke ? Saya sudah sejak kecil membuat layang layang sehingga saya sedikit banyak sudah tau betul seluk beluk bagaimana cara membuat layang layang. JUAL OBAT BIUS
Dan jika pada musim kemarau saya sering membuat untuk di jual ke warung warung dan toko toko dan alhamdulillah layangan saya laris manis dan menjadi best seller di antara layangan layangan yang ada.
Dan layang layang yang akan saya buat adalah layangan sendaren model burung atau layangan manukan untuk istilah di daerah saya. Pertama tama alat alat dan bahan akan kita siapkan untuk membuat kerangkanya terlebih dahulu.
Gbr 4. Kerangka layangan manuk/burung
Alat dan bahanya yaitu :
1 Pisau
2 Bambu tali sangat di rekomendasikan
3 Tali rafia
4 Kain bekas sebagai alas atau damparan saat kita meraut atau menyisik di paha kita, supaya celana  kita tidak robek terkena pisau dan menghindari kulit paha kita supaya tidak terkena pisau yang bisa mengakibatkan luka.
Gbr 5. Peralatan Membuat layangan
Catatan :
Untuk pisau, kita harus menggunakan pisau yang enak di pakai oleh tangan kita. Jangan terlalu besar atau terlalu kecil, mengapa ? Supaya saat meraut bambu hasilnya bisa lebih bagus, karena tangan bisa menyeimbangkan antara berat pisau dan tenaga yang di keluarkan saat meraut.
Itulah salah satu tekhnik membuat layangan yang mungkin belum bisa di temukan oleh sebagian pembuat layangan. Menurut pengamatan saya, ada banyak sekali tekhnik di setiap titik pembuatan layangan dan ini salah satunya.
Untuk bambu, bambu yang di gunakan haruslah bambu tali. Kalaupun tidak ada ya bambu wulung tidak apa apa, yang penting sudah kering dan tua.
Kelebihan bambu tali adalah tidak terlalu kaku seperti bambu wulung. Pilihlah bambu tali yang sudah tua dan sudah kering (jemur dulu jka belum kering) supaya saat terbang nanti kerangka layangan tidak melemas karena bambu belum kering.
Gbr 6. Bambu Tali
Ciri bambu yang sudah tua adalah terdapat bercak bercak putih di batangnya, lihat gambar di atas
Ok, sekarang kita mulai membuatnya.
1 Bambu  kita potong dengan panjang setengah sayap anjuran saya yaitu 48cm, setengah sayap adalah 48 cm, maka di kalikan 2 = 96 cm.
Jangan bingung ya ??? Lihat gambar 7 di bawah yang menunjukan ukuran sayap.
Gbr 7. Ukuran Bambu
Bambu tersebut kita belah menjadi dua bagian untuk membuat lengkungan sayap atas dan lengkungan sayap bawah.
Gbr 8. Dua buah Lengkungan Sayap
Yang kita ambil adalah bagian halusnya atau istilah di tempat saya weladnya ? Bukan bagian gabusnya.
Gbr 9. Welad/halus bambu
Setelah itu kita raut sayap bambu satu persatu hingga mendapatkan lengkungan yang bagus. Lengkungan yang bagus adalah lengkungan yang melengkungnya sama antara kiri dan kanan. Itulah kesalahan yang banyak di lakukan oleh para pembuat layangan yang mengakibatkan layangan tidak bisa terbang mulus alias singit atau tereng. Dan itu berlaku untuk semua jenis layangan.
Gbr 10. Lengkungan yang salah
Setelah kita raut dengan benar maka hasilnya seperti  pada gambar di bawah ini :
Gbr 11. Lengkungan sayap yang benar harus sama antara kiri dan kanan
Setelah lengkungan pertama kita buat, lengkungan kedua kita buat juga, dan harus sama melengkungnya seperti lengkungan pertama seperti gambar di atas. Setelah jadi kita satukan dan plengkungkan apakah keduanya melengkungnya sama atau tidak ?. Jika masih belum sama maka nanti hasilnya layangan akan singit/mereng terbangnya.
Gbr 12. 2 Lengkungan sayap harus melengkung sama.
Sampai disini sudah bisa ??? Jika belum terus belajar ya ??? Jangan patah semangat dan maju terus. Setelah ini kita akan membuat tiangnya, kalo di tempat saya istilahnya dedeg alias adeg adeg.
Gbr 13. Ukuran tiang dan masing masing ukuran bagianya
Cara membuat tiang atau adeg adeg layangan yaitu : Ambil dan potong bambu sepanjang +/- 50 cm (atau lihat ukuran diatas) lalu raut hingga halus sedemikian rupa seperti pada gambar dibawah. Setelah itu pasangkan sayap pertama pada adeg adeg setelah sebelumnya di coek atau di suwir dengan pisau agar bisa menjadi tempat untuk memasangkan sayap atas, lalu ikat dengan tali rafia.
Gbr 14. Dedeg layangan yang kemudian di coek untuk di pasangi sayap atas dan bawah
O iya, sebelum kedua lengkungan di pasang pada adeg adeg, timbang dengan patokan ruas terlebih dahulu supaya benar benar imbang saat terbang nanti. Tetapi sebenarnya walaupun jika di timbang beratnya tidak sama (paling tidak jangan sampai terlalu jatuh)… tidak apa apa karena terlalu mempengaruhi keseimbangan layangan saat terbang, cuma biar sempurna saja, belajar apik itu bagus kan ???:-). Yang penting asal melengkungnya sama antara lengkungan sayap atas juga bawah. Itu yang terpenting.
Gbr 15. Timbang ke dua sayap sampai imbang
Setelah itu pasang kedua buah sayap pada adeg adeg lalu ikat dengan tali rafia. Sampai disini sudah paham belum ? Jika belum tunggu ebook lengkap cara membuat layangan ya ? Juga video turotial yang pastinya akan lebih mudah di pelajari dan akan saya buat sedetail mungkin supaya pembaca semua berhasil menerbangkan layangan pertama buatan Anda sendiri untuk yang pertama kalinya. Jadi sabar dulu,
setelah di pasang maka hasilnya seperti di bawah ini
Gbr 16. Kedua sayap atas sudah di pasang
Setelah kedua sayap sudah di pasang, ikat dengan tali rafia, ikat juga ujung ujung sayap. Cara mengikatnya yaitu : suwir kedua ujung sayap sedikit saja sebagai tempat meletakan sayap yang satunya agar tidak mudah lepas saat layangan sudah di samaki nanti. Mengikatnya pun tidak sembarang mengikat, jadi bagian sayap bawah ada diatas (lihat gambar diatas). Tujuanya jika sayap bawah mundur ke belakang, dengan begitu layangan bisa nampa angin. Berbeda jika cara memasangnya pada lengkungan sayap atas berada diatas, maka angin akan menghantam tepi sayap ke depan, sehingga layangan akan jungkir jungkir. Aduh, sulit ya memahaminya ??? Nanti lah jika sudah jadi ebook lengkap cara membuat layangan beserta video tutorialnya, pasti mudah :-).
Setelah kedua ujung sayap di ikat, kaitkan dengan tali antara ujung satu dengan yang satunya, tujuanya agar terlihat dari depan apakah sudah sama lebar antara sayap kanan dan kiri atau belum? Juga untuk di lihat dari atas apakah melengkungnya sudah sama atau belum ? Jika belum maka Anda bisa meraut kembali sayap sedikit sedikit sampai mendapatkan lebar dan lemes/lengkung yang sama atau belum. Lihar gambar di bawah
Gbr 17. Kerangka layangan atas
Berikutnya, pasangkan lengkungan ekor alias manuknya :-). Jangan lupa timbang terlebih dahulu supaya imbang dan melengkungnya pun harus sama, supaya nanti hasilnya terlihat bagus. Lihat gambar di bawah.
Gbr 18. Kerangka Ekor Layangan
Ya, seperti pada gambar di atas cara membuat lengkungan ekornya. Saya harap ini mudah ya. Untuk mengaitkannya dengan rangka atas, Anda bisa menggunakan tali rafia ataupun bambu. Jika nantinya ingin di pasangi sendaren (bunyi bunyian) maka gantilah dengan bambu, mengapa ? Agar supaya beban bisa di imbangi oleh layangan (bawah berat karena pakai bambu, sedangakn atas berat karena di pasangi sendaren). Untuk cara membuat sendarennya akan saya tuliskan nanti.
Gbr 19. Sendaren
Sampai disini sudah selesai ya cara membuat layangan sendaren bagian pertama, sekarang saatnya beralih ke cara membuat layangan sendaren bagian kedua. Yaitu cara menyamaknya dengan plastik.

Selamat mencoba, Semoga bermanfaat....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar