Minggu, 19 April 2015

Cara & tips Mudah Merubah Tampilan Background BBM di Smartphone Android


Merubah Tampilan Background BBM di Smartphone Android 
 
Selamat datang kembali di blog kami yang sangat sederhana ini, semoga anda tidak bosan untuk kembali berkunjung ke blog Nanluck. Kita selaku pengguna BBM di Android akan disuguhkan dengan tampilan background yang didominasi dengan warna putih dan dihiasi dengan warna hitam dan biru. Untuk jangka waktu penggunaan BBM yang cukup lama tentu sebagian diantara kita sebagai pengguna Android akan mengalami kejenuhan akan hal ini.
Cara Mudah Merubah Tampilan Background BBM di Smartphone Android
Untuk itulah, pada kesempatan ini Nanluck akan mengulas tentang merubah background Blackberry Mesengger yang sekarang sedang anda gunakan saat ini. Hal pertama yang perlu anda lakukan untuk hal ini adalah menyiapkan segala peralatan yang akan digunakan adalah :
  • BBM modif. DISINI
  • Apk editor. DISINI
  • Komputer atau PC dengan software winRAR. (Jika anda ingin merubah tampilannya dengan komputer) 
  • Siapkan tiga buah gambar berformat .PNG. Disarankan ukuran gambar yang anda siapkan sesuai dengan resolusi dari perangkat android. 
Memberi atau merubah nama file gambar dengan nama back_chat.png, back_main.png, back_slide.png. Jika dirasa komponen dan peralatan sudah siap, kita akan melanjutkan ke bagian intinya :
  • Pindahkan file BBM modif ke SD card dan lakukan installasi apk editor . 
  • Jalankan apk editor, kemudian cari dan pilih aplikasi BBM modif. 
  • Maka anda akan melihat 4 buah folder, ada assets, lib, meta-inf, dan res. Anda pilih folder "res" kemudian pilih folder "drawable".
Cara Mudah Merubah Tampilan Background BBM di Smartphone AndroidCara Mudah Merubah Tampilan Background BBM di Smartphone Android
  • Pada folder drawable anda cari file dengan nama "back_chat.png", "back_main.png", dan "back_slide.png". file png itu merupakan file yang akan anda ganti dengan file gambar yang anda. jangan lupa ganti nama file gambar milik anda sesuai dengan ketiga nama diatas.
    Cara Mudah Merubah Tampilan Background BBM di Smartphone Android
  • Pilih ke tiga file gambar PNG diatas, lalu tekan dan tahan satu-satu file tersebut dan ganti dengan gambar yang di inginkan. biasanya saat anda menekan dan menahan, akan keluar sebuah menu. Pilih "replace" untuk mengganti file gambar tersebut, lalu cari file gambar dengan ekstensi png yang sudah anda siapkan. biasanya proses penggantian/replace file gambar ini berlangsung selama 2 menit, jadi tunggu sampai prosesnya selesai. 
  • Setelah itu, masih di apk editor anda keluar dari folder tersebut sampai terdapat aplikasi BBM modif. nah, disini anda tekan dan tahan BBM modif tersebut, maka akan muncul menu. Anda pilih "optimize & sign" lalu tunggu kira-kira 2 menit. jika prosesnya sudah selesai, anda akan melihat file "apk.bak" itu adalah file yang sudah di optimasi. namun, biarkan saja file tersebut lalu anda install aplikasi BBM modif tersebut (bukan apk.bak).
  • Langkah terakhir apabila BBM modif sudah berhasil di install dan dibuka pada perangkat anda, sign in sesuai dengan username dan password yang sudah anda simpan sebelumnya. 
  • Selesai, sekarang lihatlah anda sudah dapat Merubah dan mengganti Tampilan BBM di Android.
Setelah cara diatas ada cara lain untuk merubah backround BBM, yaitu dengan menggunakan PC :
  • Silahkan download BBM modif diatas, kemudian buka aplikasi dengan menggunakan winrar. Untuk bisa membukanya sebelumnya ubah dulu ekstensi file BBM modifnya nya, anda ubah dari .apk menjadi rar. (ubahnya dengan cara rename) 
  • Setelah itu ekstrak BBM-modif.rar pada folder baru, jadi sebelumnya anda buat dulu folder barunya terserah mau diberi nama apa saja. 
  • Jika sudah di ekstrak, Selanjutnya cari folder "res ⇨ drawable". di dalam folder drawable akan ada tiga file, "back_chat.png", "back_main.png", dan "back_slide.png". sama seperti cara melalui ponsel, anda ganti/replace ke tiga gambar tersebut dengan file gambar milik anda (pastikan anda sudah menyiapkan file png untuk mengganti background BBM modif tersebut), jangan lupa gambar anda di beri nama yang sama seperti ketiga file png diatas. 
  • Jika sudah anda masukkan ketiga file gambar dan sudah terganti, kompres kembali file BBM yang telah diekstrak tersebut dengan winrar (anda block kemudian pilih winrar lalu add to archive), setelah selesai kembali lagi anda ganti ekstensi .rar menjadi .apk pada BBM modif, kemudian pindahkan aplikasi BBM modif ke SDcard. lakukan installasi seperti biasa, sign in sesuai dengan username dan password yang sudah anda simpan sebelumnya.
Catatan dan Perhatian !!! : Sebelumnya, jika anda sudah menginstall BBM official/aslinya di smartphone android, anda harus melakukan uninstall BBM tersebut terlebih dahulu untuk dapat merubah background BBM. karena BBM aslinya yang sudah di install tidak dapat dilakukan perubahan. oleh karena itu, apabila anda ingin merubah tampilan backgorund BBM harus melakukan backup semua kontak yang di miliki serta anda harus ingat USERNAME dan PASSWORD akun BBM anda. karena BBM modif ini akan meminta anda untuk melakukan registrasi apabila kalian lupa atau belum memiliki akun. jika anda tidak mau terjadi sesuatu pada BBM anda, lebih baik tidak perlu diganti

Sekian artikel ini yang mengulas tentang  Merubah Tampilan Background BBM di Smartphone Android. Dengan itu tampilan BBM anda akan lebih menarik dan membuat anda tidak bosan karena file gambar yang berformat PNG dapat anda ganti sesuka hati, kapan saja dan dimana saja. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar