Senin, 20 April 2015

Cara Memotong, Menggosok Dan Menghaluskan Batu Cincin

mengolah-batu-akik Cara Termudah Memotong dan Menggosok Batu Cincin
Mengolah batu cincin
Demam batu cincin lagi melanda hampir seluruh Indonesia saat ini. Di kota saya sendiri, Medan, sangat banyak dijumpai pedagang yang menjual batu cincin ini di pinggir jalan. Bahkan bisnis memotong dan menggosok batu cincin menjadi profesi yang cukup menggiurkan. Bukan main, tarif menggosok batu cincin mulai dari bentuk rough (bongkahan) hingga menjadi batu cincin siap pakai paling murah harga Rp 30 ribu. Lama pembuatannya pun tidak seberapa lama sekitar 30 menit hingga 1 jam.
Sempat saya nongkrong di jalan pegadaian Medan yang merupakan kawasan penjual buku bekas, dimana terdapat kelompok pengrajin batu akik. Mereka menggosok berbagai jenis batu walaupun menurut saya batunya berkualitas rendah. Namun begitu saya bertanya berapa penghasilan sehari kelompok ini, bapak yang sepertinya bos disitu menjawab sekitar Rp 700 ribu hingga Rp 1 juta rupiah. Padahal alat yang mereka pakai bukanlah alat yang modern banget. Alat utama hanya gurinda berbagai ukuran.


Mengolah Batu Cincin dari Bentuk Bongkahan

Sekarang ini batu akik bentuk bongkahan banyak sekali didatangkan dari Aceh. Orang tua kawan saya yang kerja di NAD setiap pulang ke Medan selalu membawa bongkahan ini, bukan untuk dijual tetapi dibagi-bagikan kepada rekanan maupun keluarganya. Saya pun mendapat salah satu bongkahan tersebut secara gratis hehehe….
Memang sih, para pecinta batu akik (gem lovers) rela mengeluarkan setiap lembar rupiah dalam dompetnya untuk mendapatkan batu akik yang sedap dipandang mata. Namun tahukah anda bahwa Tekhnik Memotong dan Menggosok  ini sebenarnya cukup sederhana? Berikut akan kami uraikan langkah-langkahnya.

Alat dan Bahan yang Dibutuhkan

alat-alat-memotong-dan-menggosok-batu-akik Cara Termudah Memotong dan Menggosok Batu Cincin
alat-alat memotong dan menggosok batu cincin

Alat yang perlu anda siapkan yaitu Gurinda tangan, tidak perlu Gurinda duduk yang mahal harganya karena anda bukan pengrajin batu akik. Gurinda tangan dapat diperoleh di toko material/ panglong dengan harga terjangkau. Jangan lupa sekalian beli kelengkapannya yaitu batu gurinda potong dan batu gurinda tebal.
Bahan wajib lain yang mesti disediakan yaitu kertas pasir ukuran paling halus. Tanya aja penjual bahan material, pasti mereka sudah paham yang dimaksud. Jika punya dana lebih, kertas intan juga sangat berguna.
Bambu atau kayu seukuran jari kelingking atau ukuran yang pas dan enak anda memegangnya. Bambu/kayu ini berguna sebagai pegangan batu akik saat menggosok. Buatlah ujung bambu tersebut datar/rata sehingga bisa menempel ke Batu Cincin.
Lem G (di Medan sih namanya lem setan) atau Lem Alteco.


Langkah-langkah Membentuk Batu Cincin

Langkah Pertama – Memotong Bongkahan Batu Cincin
Potong bongkahan batu sesuai ukuran yang diinginkan. Usahakan corak batu terbaik berada ditengah-tengah. Hal yang perlu menjadi perhatian bahwa memotong batu harus secara perlahan dan jangan terlalu ditekan. Biarkan gurinda memotong bongkahan tersebut sedikit demi sedikit. Jika anda terlalu kuat menekan, ditakutkan batu bongkahan berharga anda retak, pecah atau malah patah.
Langkah Kedua – Memasang Batu Cincin pada Pegangan Bambu
Setelah batu cincin dipotong mengikuti ukuran yang diinginkan, kemudian dasar batu (bagian bawah) tersebut direkatkan ke bambu atau kayu menggunakan Lem G. Pastikan ujung bambu/kayu benar-benar melekat erat ke batu, tunggu hingga lem kering.
menggosok-batu-akik Cara Termudah Memotong dan Menggosok Batu Cincin
menggosok batu cincin
Langkah Ketiga – Menggosok Batu Cincin
Jika lem sudah mengering, siapkan gurinda dan gunakan mata gurinda yang tebal. Gunakan tangan kanan untuk memegang gurinda dan tangan kiri untuk memegang bambu. Jika anda kidal, boleh menggunakan tangan sebaliknya. Anda boleh menggunakan pola yang ditempelkan didasar cincin untuk memudahkan pembentukan. Gosok batu cincin tersebut juga secara perlahan agar tidak retak.
Langkah Keempat – Mengkilapkan Batu Cincin
Setelah batu digosok hingga menyerupai batu cincin, langkah terakhir yaitu mengkilapkan batu tersebut. Langkah ini sangat penting karena bisa menentukan kualitas batu cincin. Gosok batu cincin tersebut dengan kertas pasir mulai perlahan-lahan semakin lama gosokan semakin kuat dan cepat. Gosok hingga batu mengkilap sempurna. Untuk lebih menyempurnakan hasil kerjaan kita, anda bisa menggosoknya lagi menggunakan kertas intan.
Dengan langkah-langkah memotong dan menggosok batu cincin di atas bisa dipastikan bahwa batu cincin anda tidak kalah mengkilap dibanding batu cincin yang dijual di toko-toko.

Selamat Mencoba....
Semoga Bermanfaat....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar