Rabu, 29 April 2015

Langkah Untuk Mencangkok Pohon Mangga


Untuk mempermudah mendapatkan buah mangga anda baiknya anda menanamnya sendiri di pekarangan atau disekitar rumah anda. Mencangkok adalah cara paling mudah dalam mengembang biakkan pohon mangga. Ini dalah cara paling mudah dan cepat untuk mendapatkan mangga dengan kualitas baik seperti turunannya sehingga hasilnya akan lebih maksimal.
Dengan mencangkok anda akan mendapatkan pohon mangga dengan kualitas seperti pohon induknya dan cara ini merupakan pilihan terbaik untuk memilih dan menghasilkan buah yang sesuai dengan yang kita harapkan. Cara mencangkok pohn mangga sangatlah mudah, anda hanya perlu melakukan beberapa cara untuk melakukannya.
Apa sih kelebihan dari menanam buah dengan cara mencangkok?
Kelebihan yang didapat dari menanam dengan cara mencangkok adalah diantaranya adalah :
  • Anda akan mendapatkan hasil dan mutu buah sama seperti induknya.
  • Pohon akan berbuah lebih cepat dengan mutu yang hampir sama dengan induknya.
mencangkok-pohon

Cara menanam dengan mencangkok berbeda dengan menanam dengan bijinya. Jika anda memilih untuk menanam dengan bijinya maka akan dibutuhkan waktu yang lama agar pohon tumbuh besar dan berbuah. Bahkan menanam melalui bijinya membutuhkan waktu yang sangat lama untuk menghasilkan buah. Berbeda dengan cara mencangkok yang hanya membutuhkan beberapa tahun saja bagi anda untuk menikmati hasil buahnya selain itu buah akan cenderung lebih sama dengan induknya berbeda dengan penanaman dengan menggunakan biji yang terkadang rasa dan kualitas buahnya sering berbeda jauh dengan induknya.
Kekurangan dari metode penanaman phon mangga dengan cara mencangkok, pohon memiliki akar serabut sehingga cenderung rapuh sehingga lebih mudah robohjika dibandingkan dengan metode penanaman dengan menggunakan biji yang menghasilkan akar tunggang yang kuat dan kokoh.
Memiliki akar serabut bisa dikatangkan sebagai kelemahan namun juga bida dikatakan sebagai keuntungan. Keuntungan dari tanaman dengan akar serabut akan sangat pas dan cocok jika anda tanam di sekitar rumah anda karena akarnya cenderung libih tidak merusak pondasi rumah anda, ini akan sangat berbeda jika anda menanam mangga dengan biji di sekitar rumah anda. Penanaman mangga dengan melalui biji, akarnya akan lebih mudah menembus pondasi tembok rumah anda.
Kelemahan lain dari cara menanam dengan mencangkok adalah produksi yang dihasilkan oleh tanaman lebih sedikit jika dibandingkan dengan produksi buah yang dihasilkan dengan cara menanam dengan menggunakan biji.
Setelah mengetahui kelemahan dan kelebihan dari menanam dengan cara mencangkok saya akan mengajak anda untuk mengetahui, bagaimana cara mencangkok pohon mangga dengan baik. Untuk mencangkok pohon mangga alat dan bahan yang anda butuhkan diantaranya adalah :
  • Seuah pisau tajam dan tidak karatan
  • Tali, anda dapat menggunakan tali dari plastik atau dari kulit bambu
  • Plastik transparan atau dapat juga menggunakan serabut kelapa untuk menutup cangkokan nantinya.
  • Tanah, pilih tanah yang subur dan cenderung lembab.
Langkah demi langkah cara untuk mencangkok pohon mangga
gambar-cara-mencangkok
  • Cari batang induk dengan ukura sedang, sebaiknya tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil.
  • Pilih batang yang baik jangan terlalu muda dan jangan terlalu tua.
  • Beri jarak sekiar 10 cm dari batang pohon induk
  • Kupas kulit dari batang pohon mangga yang akan dicangkok kurang lebih sekitar 5 cm panjangnya
  • Setelaah dikupas kerok kambium dari batang pohon tersebut dengan perlahan dengan menggunakan pisau anda.
  • Tutup kupasan dengan menggunakan tanah yang lembab dan subur
  • Bungkus tanah tersebut dengan menggunakan plastik atau dengan menggunakan serabut kelapa dan ikat pada kedua ujungnya agar tanah tidak terjatuh.
buah-mangga

Demikian tadi proses dari pencangkokan pohon mangga dan lakukan perawatan agar akar dari pohon mangga cepat tumbuh. Jika anda melakukan pencangkokan pada musim penghujan mungkin akan lebih mudah tumbuhnya namun jika anda melakukan pencangkokan pada musim kemarau anda perlu untuk menyiram tanah dengan menggunakan air setiap harinya dan lakukan secara rutin.Untuk melakukan penyiraman anda dapat melepas pengikat bagian atas sedikit membukanya lalu menyiramnya, jika anda tidak ingin membuka talinya, anda dapat membuka sedikit lobang untuk menyiram tanah nantinya. Berbeda dengan menggunakan penutup serabut, jika anda menggunakan penutupp serabut kelapa, anda dapat langsung menyiramnya.
Setelah beberapa minggu akar akan tumbuh pada sekitar bayang yang dikupas dan yang ditutupi oleh tanah. Setelah usianya sekitar 2 hingga 3 minggu dan akar dari cangkokan dirasa cukup segera potong cangkokan dan menanamnya di tanah yang gembur dan subur. Setelah anda menanam hasil dari cangkokan anda lakukan perawatan setiap harinya dengan menyiramnya secara teratur.
Cukup mudah kan.. cara mencangkok pohon mangga? Selain mudah dalam proses pembibitan, perawatan pohon mangga juga gampang karena pohon ini cukup kebal dari serangan berbagai macam penyakit. Asalkan anda tanam pohon ini pada media tanah yang subur maka dengan rajin menyiramnya pohon ini akan tumbuh dengan baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar