Kamis, 23 April 2015

Cara Memanen Lebah Madu

Assalamualiakum wr.wb.

Selamat pagi para sahabat...
Ketemu lagi sama saya di posting baru. Kali ini, saya akan sedikit berbagi cerita dan pengalaman mengenai cara mengambil atau memanen lebah madu dari sarangnya.

Nah, tentunya penasarankan?cheesy-grin

Kebanyakan orang berpikir bahwa lebah madu adalah salah satu hewan yang menakutkan karena selain lebah madu mempunyai sengatan racun yang lumayan ganas padahal tergantung jenis-jenisnya, memang ada lebah galak atau bisa di sebut dengan lebah odeng (b.sunda) yang biasa bersarang di dahan pohon tinggi besar dan ada juga lebah yang bersarang di lubang tanah atau pohon yang biasanya tergolong tidak terlalu berbahaya.

Hampir pada umumnya semua jenis lebah memang mempunyai kawanan dengan jumlah banyak dan lebah odeng ini kenapa bisa di katakan galak karena jika salah satu anggotanya mati pasti semuanya ikut mengejar, dan memburu pelaku yang membunuh anggotannya karena mereka mempunyai alat pendeteksi dan akan terus mengejar sampai batas penciumannya. Bisa saja orang itu pun mati di sengat kawanannya.

Maka, banyak sekali orang ketakutan mendekatkatinya atau bahkan memanennya sekalipun tapi demi madunya, masih banyak cara yang dapat kita lakukan untuk mengakalinya.

Seperti yang dikutip dari pengalaman pawang lebah di daerah saya.

Berikut tipsnya:
1. Pertama, anda harus punya keberanian. Ya harus jentle, karena tidak ada lawan sebelum perang dan tidak bermental es yang kadang bisa cair.cheesy-grin

2. Kedua, jika anda memang punya lamit atau jaring yang siap dan biasa di pakai. Ya pakai, untuk perlindungan jika ada lebah yang nakal hinggap ketubuh kita. Namun jika tidak ada, bisa dengan memakai baju tertutup.

3. Ketiga, tidak menutup kemungkinan jika kita memang sedang terburu-buru dan tidak membawa peralatan tersebut atau memang tidak punya. Bisa mengakai alat sederhana seperti sabut kelapa yang di bakar dengan api sampai ngepul.mrgreen

4. Keempat, lalu anda cukup menyalakan sabut tadi di bawah atau tepat pada sarangnya tergantung lebah yang ada di dahan pohon atau lebah yang terdapat di lubang tanah atau pohon sampai lebah menjinak kewalahan dengan asap tadi.

5. Nah, baru anda bisa mengambilnya perlahan dan hati-hati. Selamat mencoba!


Ingat!
#Tips ini banyak resikonya dan berbahaya.
#Jangan praktek tanpa pengawasan.
#Resiko tanggung sendiri.
#SAYA HANYA SHARE SAJA DARI PENGALAMAN ORANG TUA UNTUK BAHAN REFERENSI.

Berkomentarlah dengan bijak!

Semoga bermanfaat.
Trimakasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar