Minggu, 19 April 2015

Tentang cara membuat kerajinan dari botol plastik bekas

 oleh. iwan.s

Beberapa kerajinan tangan dari botol plastik :
A. KERAJINAN MEMBUAT BUNGA MAWAR
Membuat Kerajinan Bunga Dari Daur Ulang Botol Plastik
Jutaan hingga ratusan juta minuman kemasan plastik berbagai merk diproduksi tiap harinya. Minuman ini dikemas untuk melegakan dahaga Anda. Botol plastik yang beredar umum di masyarakat adalah botol plastik minuman tipe 1, botol ini berbahan senyawa Polyethylene terephthalate yang bisa sebabkan iritasi kulit jika terlalu sering dihirup. Ribuan mikroba yang tertidur di dalamnya mampu berkembang biak dengan cepat jika terpapar cahaya matahari. Oleh karena itulah pemakaiannnya hanya dianjurkan satu kali pakai saja. Begitu pun karena tak bisa alami terurai, sampah botol plastik ini adalah musuh utama lingkungan.
Bunga dari botol bekasInilah pak Edi Suncoko seorang yang punya ide cerdas. Ia adalah inovator membuat kerajinan bunga dari daur ulang botol plastik hingga menjadi kerajinan bernilai tinggi. Bunga-bunga kering seperti mawar, anggrek dan bunga lainnya ia hasilkan. semuanya berbahan botol-botol bekas.
Bunga dari botol bekas 
Edi menuangkan ide kreatifnya di rumahnya di kawasan Pejaten Barat Jakarta Selatan. Dari tangan lincahnya ragam bunga plastik ia buat dengan lincah. Salah satunya bunga mawar kering ini. yuk kita buat kerajinan bunga dari daur ulang botol plastik ini, bunga yang kita buat adalah bunga tanda cinta ini.
Sebelumnya siapkan dulu beragam peralatan seperti botol plastik bekas, kawat, lem tembak, gunting serba guna, tang, solder dan cat pewarna. Lalu ini dia cara membuatnya:
Bunga dari botol bekasBunga dari botol bekas 
Jadilah bunga mawar cantik yang rupawan.
Selain berinovasi Edi aktif memberikan pelatihan pembuatan bunga kering di berbagai tempat. Pameran berskala wilayah hingga nasional juga ia ikuti. Untuk membuat ragam pesanan, Edi dibantu anaknya.
Kini produk bunga kering milik Edi telah melanglang buana ke berbagai daerah di Indonesia bahkan kerajinan bunga dari daur ulang botol plastik ini telah dieksport ke luar negeri. Jadi tak ada salahnya kan memulai kreasi Anda dari bahan bekas.

B. Pesawat unik dari botol bekas

Bahan
  • Botol bekas untuk badan pesawat
  • Kardus bekas untuk sayap depan, sayap belakang, dan sayap vertikal
  • Gunting untuk memotong kardus dan botol
  • Spidol untuk membat pola di kardus atau menghias badan pesawat
  • Cara membuat, pertama-tama buatlah sayap depan pesawat sesuai dengan bentuk pertama yang ada pada gambar, dilanjutkan dengan membuat sayap belakang dan vertikal.
Kerajinan tangan dari botol bekas
Setelah itu, buatlah sayatan di botol dengan menggunakan gunting ataupun pisau. Sesuaikan sayatan dengan ukuran lebar masing-masing sayap pesawat. Namun, agar Anda tidak bingung saat membuat kerajinan tangan dari botol bekas ini, ada baiknya Anda menandai terlebih dulu di bagian mana sayap depan akan di pasang dengan spidol warna merah di kedua sisi.
Selanjutnya, buat pula tanda garis putus-putus biru untuk menandai lokasi sayap belakang pada bagian dua sisi botol bagian agak belakang. Nah, untuk meletakkan sayap vertikal, gunakan spidol hitam pada bagian pucuk botol dan buat satu irisan saja.
Bila lokasi sudah terbentuk dan selesai disayat, masukkan ketiga sayap-sayap tersebut ke dalam botol bekas. Voila! Kini  kerajinan tangan dari botol bekas rumahan pun siap menjadi pesawat mainan seru bagi buah hati Anda di rumah. Anda juga bisa mencorat-coret pesawat dengan spidol untuk menampahkan tulisan tertentu atau menggambar jendela pesawat agar lebih mirip dengan pesawat asli dan bikin happy putra-putri di rumah.


C. TEMPAT PENSIL DARI BOTOL BEKAS

Langsung ajja ya....
alat dan bahan yang perlu disiapkan cukup sederhana, antara lain:
1. 2 botol plastik ukuran 1.5 liter, 1 liter, atau 660 ml,, [tergantung keinginan sih]
2. cutter dan gunting
3. spidol besar
4. resleting berwarna, ukuran 30 - 40 cm
5. lem tembak atau lem UHU
6. hiasan [ini juga tergantung keinginan


     yang saya gunakan: botol fanta ukuran 1 liter dan resleting biru ukuran 40 cm,,
 
Pertama, beri tanda atau pola menggunakan spidol hitam pada badan benda,,
bila ingin membuat dompet, sebaiknya ukuran botol sama-sama pendek,,
untuk tempat pensil, sebaiknya salah satu berukuran lebih panjang dari yang lain seperti milik saya,,

ukuran panjang untuk bagian bawah, sedang yang pendek untuk tutupnya,,

kemudian potong botol sesuai pola menggunakan cutter dan rapikan dengan gunting,,


Lem resleting pada bagian luar botol, dari arah pangkal resleting,,
lem dulu bagian bawah sampai seperempat area,, bila sudah, lem bagian atas sampai menutup seluruh tepi botol,,
untuk diperhatikan ya, ketika mengelem, jangan sampai rel resleting ikut kena lem, jadi beri jarak rel resleting dengan tepi botol,,


Bila seluruh tepi suda tertutup resleting, pasti akan menyisakan ujung resleting beberapa centi,, sisa itu bisa dipotong atau dibentuk-bentuk sebagai hiasan,,

 sisa resleting saya bentuk bunga seperti ini,,

tempat pensil yang sukses pasti resletingnya bisa dibuka tutup dengan lancar,, ahahaha,,,


mudah kan?!?
coba ya ehehe,,
 
Dan ini beberapa gambar hasil karya dari botol bekas.. 
 
 

 

Demikian lah beberapa artikel/cara membuat kerajinan tangan dari botol plastik bekas,
Semoga bermanfaat... 
thankss..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar